khafi.m: Teknologi Informasi

Rabu, 02 September 2015

Teknologi Informasi

Teknologi informasi adalah hal yang sangat
lazim bagi kita di era sekarang. Bahkan, untuk membahas masalah TI ini seperti tidak ada habisnya. TI selalu mengalami perkembangan dan kemajuan yang besar, karena pengupgrade an yang selalu dilakukan baik tiap bulan maupun tiap tahun.penemuan-penemuan TI juga sangat membantu perkembangannya.  Bahkan saking membantunya, sekarang kita bisa berkomunikasi dengan orang lain yang berada sangat jauh dari kita bahkan luar negeri. Kita bisa melalui telepon dengan menggunakan video call, sehingga kita bisa melihat wajah lawan bicara kita.
            Dengan teknologi mutakhir sekarang kita bisa menggunakan ponsel, benda kecil dengan berbagai fitur untuk mempermudah hidup kita.  Dulu mesin tik saja sudah dianggap teknologi yang sangat membantu, seiring berjalan waktu mesin tik sudah tergantikan dengan adanya computer bahkan dapula computer jinjing atau laptop. laptop pun kini ada versi mini nya, biasanya disebut tablet pc. Meskipun tidak selengkap laptop, tablet pc dianggap sudah memenuhi perwakilan menu di laptop.  Kalau dulu kita berkiri surat melalui post, sekarang kita hanya perlu klik sana klik sini maka surat kita sudah ssmpai tanpa perlu perangko maupun ke kantor post.  Banyak fitur-fitur menarik dari kecanggihan teknologi. Ada facebook, twitter, instagram, path, line, wechat, banyak lagi.
            Dengan teknologi sekarang kita bisa melihat apa yang terjadi dibelahan Negara lain tanpa mendatangi tempat tersebut, menonton video secara gratis, berbicara dengan etnik dan budaya berbeda dengan mudah, dan saling bertukar informasi tanpa bertemu. Banyak hal yang dapat kita lakukan dengan kecanggihan teknologi sekarang. Bahkan, saking banyaknya sering disalahgunakan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab.
 Teknologi Informasi dan Komunikasi, adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antarmedia.Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahanabad ke-20. Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Hingga awal abad ke-21, TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya.
'''Teks tebal== Sejarah == Ada beberapa tonggak perkembangan teknologi yang secara nyata memberi sumbangan terhadap perkembangan TIK hingga saat ini. Pertama yaitu temuan telepon oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1875. Temuan ini kemudian berkembang menjadi pengadaan jaringan komunikasi dengan kabel yang meliputi seluruh daratan Amerika, bahkan kemudian diikuti pemasangan kabel komunikasi trans-atlantik. Jaringan telepon ini merupakan infrastruktur masif pertama yang dibangun manusia untuk komunikasi global.
Memasuki abad ke-20, tepatnya antara tahun 1910-1920, terwujud sebuah transmisi suara tanpa kabel melalui siaran radio AM yang pertama. Komunikasi suara tanpa kabel ini pun segera berkembang pesat. Kemudian diikuti pula oleh transmisi audio-visual tanpa kabel, yang berwujud siaran televisi pada tahun 1940-an.
Komputer elektronik pertama beroperasi pada tahun 1943. Lalu diikuti oleh tahapan miniaturisasi komponen elektronik melalui penemuan transistor pada tahun 1947 dan rangkaian terpadu (integrated electronics) pada tahun 1957.
            Teknologi informasi banyak memilik dampak baik positif maupun negative.
Dampak positif nya :
1.      Mempermudah melakukan pekerjaan
2.      Informasi dari manapun mudah didapat
3.      Komunikasi dengan orang lain yang jaaknya jauh
4.      Membantu dalam hal komersil
5.      Bisa untuk jual beli
6.      Transaksi online, missal e-banking
7.      Dll
Dampak negative nya :
1.      Kecanduan internet
2.      Pembajakan
3.      Stalker
4.      Pornografi
5.      Ajang bully
6.      Dll
Jadi kita harus bisa membatasi diri kita agar tidak terlalu ikut arus hal-ha yang tidak baik akibat dari kecanggihan teknologi sekarang.


Sumber:tekan aja


Tidak ada komentar:

Posting Komentar